Semua Yang Perlu Kamu Ketahui: Comic Frontier Edition - Part 1: Pendaftaran

Apakah anda sirkel pemula yang tidak tau harus mulai dari mana untuk bisa mengikuti Comic Frontier? Bingung dengan polemik pendaftaran? Anda berada di tempat yang tepat

Oleh Shirayuki Haruka24 Juli 2025
comifuroguidecomic frontierpanduan

Comic Frontier (CF) dikenal sebagai salah satu perhelatan akbar art market atau doujin event terbesar di Indonesia, dengan edisi terbarunya (sampai artikel ini ditulis) adalah Comic Frontier 21, yang akan diselenggarakan di Indonesia Convention and Exhibition (ICE), BSD, Tangerang, pada tangagl 14-15 November 2025. Kata "terbesar" ini bukanlah sebuah understatement karena sampai edisi ke 21-nya, sudah ada total 5 hall yang digunakan, dengan total lingkarya/sirkel melebihi angka seribu pada CF20 (dikenal juga dengan CFXX). Angka yang overwhelming dan membuat orang yang ingin menjadikannya sebagai event pertamanya mungkin akan merasa takut. Bagaimana tidak, dengan volume pengunjung yang bisa mencapai 40 ribu - 50 ribu selama perhelatan, tidak sedikit yang khawatir apakah mereka akan bisa melakukan persiapan yang cukup saat tiba hari H.

Umumnya, mengikuti acara seperti ini menandakan bahwa anda telah memiliki minat terhadap industri kreatif secara umum, dan memiliki rasa yang besar untuk membuat karya anda bisa terlihat lebih luas ke orang-orang. Atau juga anda ingin membuat merchandise yang anda dambakan dan sekalian juga menjajakannya kepada orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama. Ada banyak motif orang-orang dalam mengikuti art market dan semuanya bisa dikatakan adalah alasan yang valid (kecuali kamu wahai bootleggers, AI prompter, tukang nyolong karya orang lain, dsb.)

Lantas, darimana saya, seorang artist atau ilustrator pemula, harus memulai perjalanan saya dalam kehidupan ber-art-market ini? Terlalu banyak variabel yang harus masuk dalam kontrol saya agar bisa mengikuti acara ini, semua ini membuat pikiranku letih.

Tenang saja, karena itulah, artikel ini dibuat.

Tentang Comic Frontier

Sebelum kita masuk ke bagian yang lebih detail, alangkah indahnya apabila kita bisa mengenal Comic Frontier terlebih dahulu. Event yang sering juga disebut sebagai Comifuro ini telah memulai rekam jejak mereka semenjak 2013, yang saat itu hanyalah menjadi acara sampingan dari perhelatan perwibuan acara jejepangan terbesar di Depok, Gelar Jepang Universitas Indonesia (juga dikenal sebagai GJUI).

Lambat laun, skala acara ini semakin besar dan kemudian mulai untuk menjadi acara mandiri dimulai dari CF3. Perpindahan venue juga telah terjadi berkali-kali, hingga akhirnya sampai pada ICE BSD, salah satu exhibition center terbesar di Indonesia saat ini. Ada banyak pro dan kontra atas terpilihnya venue ini, namun itu bukan hal yang bisa kita kontrol sebagai partisipan. Oleh karena itu, beradaptasi dengan perubahan situasi dan kondisi adalah hal yang terbijak yang bisa kita lakukan.

Comifuro sendiri berkiblat pada doujin event terbesar di Asia saat ini, Comic Market, yang kini telah menginjak umur 50 tahun dan perhelatan ke 106. Ada banyak ideologi, metodologi dan pola yang dibuat menyerupai Comiket. Mulai dari sistem kepanitiaan yang berbasis volunteer, acara yang circle-centric, isi dan konten dari acara, dan beberapa aspek lainnya.

Salah satu yang bisa dilihat adalah adanya kebebasan terhadap apapun jenis karya yang bisa dijaja di Comifuro. Mulai dari merch biasa seperti gantungan kunci (ganci), stiker, artprint, poster, sampai ke merch yang tidak terlalu umum, seperti artbook, fanzine, komik, 3D-printed figure, dakimakura, dan masih banyak lagi. Selama yang dibuat adalah karya yang dimiliki oleh diri sendiri, yang dalam konteks ini bisa perseorangan atau dalam satu sirkel yang sama, maka produk tersebut adalah valid untuk dijual di Comifuro. Ada batasan terhadap beberapa tipe merch, namun kita akan bahas itu di bagian lain.

Alur Awal-Akhir Menjadi Circle di Comifuro

Menjadi partisipan sirkel dilansir menjadi salah satu tantangan tersendiri apabila kita berbicara mengenai Comifuro. Hal ini diakibatkan adanya dinamika yang terjadi dalam alur pendaftaran yang membuat segalanya terlihat cukup... ribet. Belum lagi hal-hal yang perlu anda lakukan terhadap karya anda sendiri, seperti produksi, promosi, logistik, dan melaksanakan keberjalanan di hari H.

Sekarang semua mulai terlihat cukup kompleks...

Tasukete~~

Namun mari kita kaji melalui perspektif seseorang yang akan mengikuti Comifuro sebagai sirkel.

1. Pendaftaran

Adalah pertempuran besar tahap pertama dalam perang berkepanjangan ini.

Tentu saja, ada harus mendaftar. Pendaftaran, sampai saat artikel ini ditulis, dilakukan melalui situs Comic Frontier, https://comifuro.net. Adapun form pendaftaran untuk CF21 dapat dilihat pada tautan ini. Tautan akan hilang apabila pendaftaran telah ditutup.

Ada banyak informasi yang perlu anda persiapkan, yang kali ini saya sendiri bingung harus menyampaikannya melalui paragraf saja atau melalui tabel. Tapi kenapa tidak keduanya sekaligus? Hehe

Informasi Umum Terkait Circle

  1. Circle Name

    Circle Name adalah nama circle anda. Anda tidak tau nama sirkel anda? Buatlah nama yang paling kreatif yang anda bisa pikirkan (seperti "Indahnya Pesona Citlali")

  2. Your Name

    Nama asli anda. Straightforward as it could be

  3. Pen Name

    Nama panggung/pena anda. Nama anda sebagai ilustrator, nama pengarang, intinya nama anda yang bukan nama asli anda dan anda gunakan dalam publikasi anda. Kecuali anda menggunakan nama yang sama dengan nama asli anda, maka silahkan mengisi dengan nama pena anda.

  4. Circle Member

    Adalah bagian dengan dua pilihan: Solo Artist, Group Circle. Secara singkat mengatakan apakah anda berpartisipasi secara individual (artist/ilustrator hanya anda saja), atau ada member lain yang juga menyumbang karyanya.

  5. Email Address

    Alamat email anda. Simpel.

Informasi Terkait Circle Space/Booth

Karena anda akan menyewa tempat di CF untuk jualan atau pameran, anda diberikan beberapa opsi mengenai tipe dan opsi yang tersedia.

Circle Space

Dengan ukuran 90cm x 45cm untuk satu space, opsi ini cocok untuk anda dengan maksimal 3 orang artist dalam satu circle. Di atas itu anda sangat disarankan untuk mengambil 2 space. Dalam satu kali registrasi, anda bisa memilih sampai 4 circle space.

Umumnya circle participant di CF memilih untuk mengambil minimal 2 space dikarenakan seberapa menakjubkan pajangan dan display yang mereka ingin sajikan. Adalah hal yang lumrah, untuk memaksimalkan segala hal yang ada. Selain itu, ada peraturan bahwa display hanya memiliki maksimal 225 cm terhitung dari lantai. Dengan tinggi meja yakni 75cm, hal ini memberi anda ruang sebesar 150cm untuk seluruh display di atas meja.

In short:

  • Ukuran meja 90cm x 45cm untuk 1 space (setengah meja)
  • Ukuran meja 180cm x 45cm untuk 2 space (satu meja)
  • Tinggi meja 75cm
  • Tinggi maksimal display 150cm (225cm terhitung dari lantai)
  • Opsi pemesanan 1 space, 2 space, dan 4 space

Umumnya circle participant di CF sangatlah suka untuk berkongregasi sehingga terkadang beberapa circle ingin berdekatan satu sama lain, terlebih apabila genre dan fandom mereka adalah sama (akan dibahas nanti). Hal ini menyebabkan beberapa sirkel gabungan memilih untuk mendaftar sebagai satu sirkel namun mengambil 2 space bahkan sampai 4 space, agar diberikan ruang yang sama. Hal ini dianggap sebagai strategi yang bagus karena pendaftaran hanya perlu sekali saja, dan dekat dengan teman adalah hal yang senantiasa bagus.

Sekarang mari kita bahas tipe yang satunya

Circle Booth

Besar, imposing, dan claustrophobic.

Circle booth adalah pilihan bagi anda yang ingin daerah yang lebih luas dan eksklusif, dengan tambahan benefit yakni akses ke listrik dan adanya "tembok".

Listrik yang diberikan memiliki rating 250V dan 2 Ampere, setara dengan 440-500 Watt. Hal ini membuat anda memiliki opsi yang lebih luas untuk display yang anda inginkan, seperti membawa alat elektronik, monitor, atau bahkan set gaming PC rendah daya.

Terdapat 2 opsi untuk circle booth, yakni Circle Booth A dan B. Tapi secara umum, Circle Booth B adalah dua Circle Booth A yang berdempetan dan dinding sekatnya dihilangkan.

Untuk Circle Booth A, diberikan dua buah kursi dan satu meja berukuran 100 cm x 50cm, sedikit lebih besar dari meja di circle space. Anda bisa memesan tambahan meja apabila anda membutuhkan tambahan meja. Untuk tipe B, cukup kali 2 dari info barusan (kecuali listrik).

Circle Booth memberi anda ruang tambahan yakni dinding yang bisa anda tempeli artprint dan hal-hal yang ringan, dan juga papan penanda di bagian atas, yang juga bisa anda dekorasi. Selama dekorasi dan barang anda tidak melewati area yang telah ditentukan (dalam bentuk kubus imajiner), anda bisa melakukan nyaris apapun terkait dekorasi anda.

Harga / Pricing

Harga untuk circle space dimulai dengan basis harga 1 space dengan perbedaan kecil antara circle single day only dan both days. Untuk single day, basis harga adalah Rp465k, dan both days dengan Rp835k.

Lantas, apa maksud dari single day? Anda bisa memilih untuk berpartisipasi pada salah satu hari saja, yakni antara Sabtu atau Minggu. Sedangkan partisipasi both days akan secara langsung membuat reservasi atas tempat yang anda dapatkan sepanjang dilaksanakannya Comifuro. Sampai saat ini, Comifuro senantiasa dilaksanakan secara 2 hari, dan belum ada tanda-tanda akan menjadi 3 hari. Would be crazy if happens tho

Pilihan untuk Circle Booth akan langsung membuat anda memesan partisipasi untuk both days. Hal ini adalah perubahan semenjak CF16, di mana sebelum CF16, circle booth masih memiliki pilihan single day (*citation needed).

Anda akan dihadapkan oleh pilihan sulit yakni keputusan untuk partisipasi dengan space atau booth, lalu memilih antara single day atau both days. Selain itu, penambahan atas meja atau kursi untuk pilihan Circle Booth juga akan menambah total pengeluaran anda.

Apakah ini akhir dari polemik harga? Tentu saja tidak sodara.

Exhibitor Pass

Partisipasi sebagai circle membutuhkan identitas yang bisa membedakan anda dari pengunjung. Oleh karena itu exhibitor pass diberikan dalam bentuk nametag. 1 circle space akan mendapatkan 3 exhibitor pass dan berlaku kelipatan (sehingga 4 circle space akan memberi anda 12 exhibitor pass). 1 circle booth juga akan memberi anda 4 exhibitor pass (sehingga tipe A = 4 pass, tibe B = 8 pass).

Namun ada kalanya anda ingin membawa orang yang lebih banyak, mungkin untuk melakukan rotasi/ronda jaga, atau untuk alasan lainnya. Anda bisa memesan pass tambahan dengan ketentuan single day pass bernilai Rp100k untuk satu pass, dan both day pass bernilai Rp200k. Selain itu, maksimal hanyalah 2 exhibitor pass tambahan yang bisa anda tambah.

Exhibitor pass tambahan, bersama dengan pilihan circle space/booth anda, akan memengaruhi nominal yang harus anda bayar nantinya.

Informasi Mengenai Fandom, Merch, dan Produk

Bagian ini mendeskripsikan terkait apa yang akan anda jual/jaja/pamerkan di CF. Maraknya varian terhadap apa yang dijual, mulai dari tipe merchandise sampai fandom yang digeluti membuat diperlukannya kategorisasi yang lebih jelas. Beberapa informasi yang berada pada bagian ini lebih digunakan untuk kemudahan pencaharian, namun terkhusus bagian "Fandom" akan secara efektif mempengaruhi posisi anda di dalam venue nantinya.

Fandom

Dikarenakan umumnya seorang penggemar dari suatu fandom akan cenderung mencari circle yang menjual merch dari fandom tersebut, dan mengelompokkannya dalam satu daerah adalah solusi jitu agar pengunjung tidak terlalu capek. Secara efektif hal ini mengikuti Comiket di mana bukan saja anda akan dikelompokkan berdasarkan fandom, namun dikelompokkan juga berdasarkan karakter/grup yang anda fokusi. Namun, CF masih belum memiliki kategorisasi yang eksplisit dengan bagian fandom-nya, sehingga anda disarankan untuk memilih nama fandom yang spesifik namun masih cukup general juga.


Studi Kasus: seri Girls' Frontline oleh MICA Team

Ada satu saat ketika beberapa circle yang sama-sama berfokus pada fandom Girls' Frontline memilki penempatan yang jauh satu sama lain. Setelah ditelusuri, perbedaan antara penulisan nama fandom membuat penempatan berbeda karena dianggap sebagai seri yang berbeda. Ada circle yang menuliskan "Girls' Frontline", "GFL", "GFL2", "Girls' Frontline Exilium", "Dolls' Frontline", "Dorufuro", dan bahkan game lainnya yang masih dalam satu universe, seperti "Project Neural Cloud". Bedanya nama fandom ini dapat meningkatkan terjadinya human error sehingga sangat disarankan untuk memilih nama yang spesifik, namun menggunakan nama umumnya saja (bukan variasi).

Studi Kasus : Hoyoverse

Dewasa ini, Hoyoverse telah memiliki 5 gim utama yang masih berjalan dan aktif: Genshin Impact, Honkai: Star Rail, Zenless Zen Zero, Tears of Themis, dan sepuhnya, Honkai Impact 3rd. Umumnya, perbedaan penulisan akan bisa mengecoh tim staff dalam melakukan penempatan circle, namun karena popularitas yang dimiliki, seri-seri tersebut bisa langsung dikelompokkan dalam satu lini utama yakni "Hoyoverse" untuk memudahkan proses penempatan nantinya.


Other Fandom

Bagian ini digunakan untuk mendeskripsikan fandom lainnya yang berkaitan dengan merch anda. Bagian ini dapat diubah di kemudian hari saat anda memiliki akses ke web catalog, dan bagian ini tidak mempengaruhi keputusan terhadap penempatan anda.

Circle Works

Berisi banyak centang mengenai apa saja bentuk produk yang akan anda buat. Bagian ini juga bisa diubah di kemudian hari saat anda memiliki akses ke web catalog.

Genre

Berisi dua opsi yakni "Original IP" dan "Fanart/Parody". Apabila barang utama anda adalah karya original, maka pilih "Original IP", otherwise gunakan pilihan lainnya.

Target Demography

Target pengunjung anda. "Male Oriented" berarti ekspektasi pengunjung dan pembeli anda adalah laki-laki. "Female Oriented" berarti ekspektasi pengunjung dan pembeli anda adalah perempuan.

Cukup mempengaruhi karena, sebagai contoh, bisa saja anda sebuah circle yang menggambar mayoritas karakter laki-laki dari Honkai: Star Rail (sehingga mayoritas pengunjung anda adalah perempuan), memiliki penempatan yang agak "salah" karena anda memilih "Male Oriented" karena anda mengira yang dimaksud adalah "mayoritas karakter yang saya gambar".

Rating

Terbagi atas tiga pilihan: GA, PG, M.
GA = General Audience, berarti seluruh umur mulai dari anak-anak cocok untuk konten anda.
PG = Parental Guidance, dalam konteks ini lebih ke menargetkan remaja muda atau target usia yang dirasa masih membutuhkan bimbingan dari ortu.
M = Mature, dalam konteks ini lebih menargetkan dewasa muda. Apabila konten anda dianggap memiliki rating R16 atau membawa tema yang tidak cocok untuk underages, pilih pilihan ini.

Secara umum, lihat mengenai content rating dari setiap IP yang anda buat sebagai acuan, lalu lihat sendiri ke konten yang anda buat, masuk ke rating yang mana.

"Are you expecting a long queue at your space or booth in the morning?"

Adalah baru di CF21. Bagian ini lebih ke menanyakan apakah anda akan memiliki pembeli yang membludak saat awal-awal open gate. Umumnya apabila anda telah memiliki popularitas atau followers yang banyak, maka just in case jawab dengan "Yes".

Penilaian terhadap ekspektasi pengunjung kembali ke anda masing-masing, jadi bijaklah untuk menjawab.

Sample Works

Saya rasa bagian ini membutuhkan bagiannya tersendiri karena ada banyaknya problematika yang diakibatkan oleh sample works.

Sample works adalah bukti terhadap "apa yang akan anda jual" dan "apa yang telah anda buat". Namun bukan berarti bahwa anda sudah harus memiliki produk akhir yang sudah siap dijual. Work in Progress (WIP), karya terdahulu yang akan dicetak, prototipe, dan hal-hal lainnya yang dapat mewakili bukti bahwa anda adalah seorang artist/ilustrator.

Perlu diketahui bahwa sample works akan digunakan sebagai main evidence saat proses kurasi dilakukan. Adapun proses kurasi adalah proses verifikasi, background checking, dan validasi terhadap keikutsertaan anda. Saya rasa bahwa proses kurasi ini perlu untuk dijelaskan pada bagian khusus, namun beberapa panduan yang bisa anda ikuti adalah.

  • Sample works mengandung karya yang dibuat oleh anda/anggota circle anda
  • Sample works tidak mengandung karya yang dimiliki oleh bukan anggota circle
  • Sample works tidak mengandung karya yang memiliki indikasi plagiarisme, tracing, dan hal lainnya yang secara drastis mengurangi orisinalitas karya.
  • Sample works tidak mengandung aset ofisial. Hal ini meliputi logo, brand name, tipografi, dan elemen-elemen grafis lainnya.
  • dan hal-hal lainnya yang merupakan kriteria internal staff CF

Sample works hanya boleh terdiri atas satu gambar dan memiliki ukuran maksimal 512kB, namun saya sarankan maksimal 500kB untuk mengakomodir perbedaan ukuran gambar yang dilaporkan oleh beberapa sistem yang berbeda.

Informasi Profil Circle

Bagian ini memiliki 2 bagian utama, yakni Circle Cut dan link media sosial.

Social Media

Bagian sosial media berpengaruh terhadap proses kurasi apabila sample works yang anda lampirkan dirasa kurang. Sejauh ini, panitia akan melakukan penelusuran ke setiap media sosial yang dicantumkan apabila dirasa dibutuhkan lebih banyak data pendukung. Oleh karena itu:

  • Pastikan anda menggunakan media sosial yang aktif
  • Pastikan anda menggunakan media sosial yang relevan dan mewakili anda sebagai seorang artist/ilustrator. Sangat tidak disarankan untuk melampirkan akun pribadi atau akun dengan seluruh post-nya dibuat privat.
  • Pastikan tidak ada hal-hal yang dianggap borderline ilegal dalam akun media sosial anda. Salah satu contoh adalah Jasa Top Up in-game currency karena dilansir memanfaatkan perbedaan kurs dan dianggap ilegal di beberapa kasus.

Sangat disarankan untuk membuat akun media sosial yang terkhusus ke circle yang anda bentuk apabila anda adalah group circle.

Circle Cut

Terkait Circle Cut, secara umum circle cut akan digunakan sebagai "wajah" dari circle anda. Hal ini akan semakin terlihat di web catalog dari Comifuro, di mana Circle Cut akan menjadi identitas paling mencolok dari circle anda.

Anda diwajibkan menggunakan salah satu dari 2 format Circle Cut yang disediakan.

Varian pertama memiliki bagian terkhusus untuk menulis nama circle atau memasang logo circle pada bagian atas. Sisanya anda dapat mengisi dengan artwork untuk circle cut anda, baik hanya memenuhi bagian besar di bawah atau memenuhi circle cut. Bagian kotak putih di kiri atas tidak boleh diubah karena akan ditempeli nomor circle secara otomatis di web catalog.

Varian kedua tidak memiliki pemisah pada bagian atas dan bawah. Itu saja perbedaannya :D

Anda bebas untuk berkreasi dengan circle cut selama figura/frame dari template tetap digunakan, dimensi adalah sama, dan ukuran akhir dari file dibawah 256kB (saya sarankan 220kB).

Sebagai contoh, circle cut dari circle saya pada CF20

Informasi PIC Circle (Penanggung Jawab)

Bagian ini lebih ke informasi pribadi anda yang akan menjadi penanggung jawab dari circle anda. Bagian yang paling penting adalah "Discord ID" karena mulai CF15, mayoritas komunikasi dilakukan dengan lebih responsif dan interaktif di Discord Comic Frontier Square. Gunakan Discord username anda (bukan UUID berupa rentetan angka), karena anda akan diberikan role nantinya untuk mendapatkan informasi yang diberikan khusus ke Circle Participant.

Bagian lainnya sangat self explanatory.

Saat anda telah selesai, lakukan verifikasi terlebih dahulu, lalu tekan tombol "Submit". Dan selamat! Anda telah melewati proses pendaftaran.

Akhir Kata

Awalnya saya membuat artikel ini dengan niat ingin memasukkan seluruh aspek ke dalam satu artikel saja, namun sepertinya terlalu banyak hal yang harus dibahas sehingga saya memutuskan untuk membagi artikel ini ke dalam beberapa artikel.

Ulasan mengenai pendaftaran saya rasa sudah cukup komprehensif sehingga hal-hal selanjutnya setelah pendaftaran bisa diulas pada artikel selanjutnya.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel Lainnya

Lihat Semua Artikel